TRAINING PELAYANAN PASIEN CASE MANAGER

PENDAHULUAN

Traning Pelayanan Pasien Case Manager – oleh Training Mitra Prima Indonesia . Keselamatan pasien di rumah sakit adalah tujuan mendasar setiap rumah sakit. Berbagai negara sudah mengubah paradigma dari quality ke quality safety. Issue keselamatan dan kesehatan pasien rumah sakit telah berkembang di Indonesia sejalan dengan semakin maraknya kasus-kasus yang masuk ke tuntutan hukum dan pengadilan. Kenyataan yang ada di rumah sakit bahwa terdapat ratusan jenis obat, ratusan tes dan prosedur, terdapat banyak pasien, kelompok profesi dan individu staff, serta banyak sistem dan keberagaman yang semuanya ini sangat potensial menimbulkan kesalahan. Dimana kesalahan tersebut bisa berdampak terhadap hilangnya kehidupan seorang pasien ataupun kesalahan fatal lainnya.

Konsep pelayanan di rumah sakit yang menggunakan konsep PCC (Patient Centered Care) adalah pelayanan yang melaksanakan 4 konsep dasar yaitu : 1. Martabat dan Respek kepada pasien,  2.Berbagi informasi kepada pasien,  3.Partisipasi pasien dalam pelayanan dan 4.Kolaborasi / kerjasama. Untuk tercapainya pelayanan berfokus pasien, asuhan yang diberikan kepada pasien haruslah asuhan yang terintegrasi, dimana semua professional pemberi asuhan berkolaborasi dalam menjalankan asuhan.

Pelayanan Pasien Case Manager adalah seorang yang profesional di dalam Rumah Sakit yang bekerja secara kolaboratif dengan PPA, memastikan  bahwa pasien dirawat serta ditransisikan ke tingkat asuhan yang tepat, dalam perencanaan asuhan yang efektif dan menerima pengobatan yang ditentukan, serta didukung pelayanan dan perencanaan yang dibutuhkan selama maupun sesudah perawatan Rumah Sakit

Direktur rumah sakit perlu menetapkan staf medis, keperawatan, dan staf lain yang bertanggung jawab atas pelayanan pasien, staf yang dimaksud adalah Manajer Pelayanan Pasien (case manager) baik dari kalangan dokter atau tenaga keperawatan yang kompeten. Bekerja sama dalam menganalisis dan mengintegrasikan assesment pasien.

TUJUAN TRAINING

  • Menerapkan Pelayanan Fokus pada Pasien (Patient Centered Care)
  • Mempunyai hubungan kerja yang professional dengan para dokter dan staf klinis.
  • Memiliki relasi dengan pasien dan keluarga.
  • Mengetahui peran dan fungsi Manajer Pelayanan Pasien di Rumah Sakit.

MATERI TRAINING

  • Pemahaman konsep Pelayanan Berfokus pada Pasien.
  • Panduan transfer pasien dan Kode Biru.
  • Interprofessional Collaborative Competency.
  • Asuhan terintegrasi adalah implementasi PCC.
  • Peranan Rekam Medis dalam Pelaksanaan Patient Centered Care.
  • Memahami dan menyelesaikan permasalahan pembayaran klaim BPJS.
  • Mengimplementasikan Pola Kerjasama dengan DPJP.
  • Peran dan fungsi DPJP dalam implementasi PCC.
  • Peran Case Manager dalam implementasi PCC.
  • Pemahaman tentang Integrated Clinical Pathway.
  • Tanya jawab dan studi kasus.
NB: Untuk materi training tidak mutlak terikat dengan materi di atas, Jika ada materi yang anda butuhkan, kami akan berikan materi sesuai dengan TNA / kebutuhan Perusahaan

PESERTA TRAINING

Program Training Manajer Pelayanan Pasien ini sangat dianjurkan diikuti oleh mereka dengan latar belakang profesi yang menjabat sebagai Direktur RS dan jajaran Direksi RS, pemilik RS atau Dewan / Direksi Perusahaan, Komite Medis (Ketua dan Pengurus), Staf Medis Rumah Sakit, Staf Keperawatan Rumah Sakit, Staf SIMRS, Staf Profesional lainnya

METODE TRAINING

Metode pelatihan menggunakan metode interaktif, yaitu pemahaman dari sisi konsep, contoh aplikasi, berlatih menuangkan konsep, diskusi interaktif dan studi kasus sehingga peserta dapat lebih mudah memahami dan menguasai materi yang diajarkan.

INSTRUKTUR/TRAINER

Training Mitra Prima Indonesia Consultant & Team

DURASI TRAINING

2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

INVESTASI TRAINING

Rp. 4.000.000/peserta (belum termasuk biaya akomodasi dan penginapan).

Minimal peserta (2 – 3 peserta).

Rp. 3.500.000/peserta (khusus Schedule di Jakarta dengan minimal 3 orang peserta dari satu Instansi).

FASILITAS TRAINING

Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit, Jacket, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dan dilaksanakan di hotel berbintang.

JADWAL TRAINING

  • Bogor, 05-06 Juni 2023
  • Depok, 21-22 Juni 2023
  • Jogjakarta, 03-04 Juli 2023
  • Bandung, 19-20 Juli 2023
  • Jakarta, 07-08 Agustus 2023
  • Bogor, 21-22 Agustus 2023
  • Depok, 15-16 September 2023
  • Jogjakarta, 30-31 September 2023
  • Jakarta, 04-05 Oktober 2023
  • Bogor, 19-20 Oktober 2023
  • Bandung, 15-16 November 2023
  • Jogjakarta, 29-30 November 2023
  • Jakarta, 11-12 Desember 2023
  • Bogor, 27-28 Desember 2023
Note: Kami juga menyediakan Inhouse Training dimana pelatihan akan diselenggarakan secara eksklusif dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien. Kami sangat terbuka untuk mendiskusikan segala hal terkait penyelenggaraan pelatihan, mulai dari materi, instruktur hingga biaya pelatihan.

HUBUNGI KAMI

Marketing Office:

Phone/Fax : 021-7715137

Online Marketing:

Admin      : 0858-1715-8726(WhatsApp)

Email:
info@training.mitra-prima.co.id

Website:
training.mitra-prima.co.id

Download Brosur Pelatihan Offline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *