TRAINING KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DAN BIDAN

PENDAHULUAN

Training Komunikasi Terapeutik Perawat dan Bidan oleh Training Mitra Prima Indonesia – Komunikasi adalah sarana utama dalam bertukar dan saling memberikan informasi. Komunikasi yang efektif antara perawat dan pasien sangat penting karena dapat menentukan hasil medis nantinya. 

Komunikasi mempunyai tujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mendapatkan informasi yang jelas dan komunikasi memiliki kegunaan atau berguna (berbagi informasi, pemikiran, perasaan) dan komunikasi yang tidak memiliki  kegunaan atau tidak berguna (menghambat/blok penyampaian informasi atau perasaan). Begitu pula dengan perawat di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Seorang perawat harus mempunyai keterampilan berkomunikasi untuk membangun suatu hubungan, baik itu hubungan yang kompleks maupun hubungan yang sederhana melalui sapaan atau hanya sekedar senyuman.

Tidak hanya komunikasi verbal saja, kemampuan komunikasi non verbal juga harus dikuasai oleh perawat. Adapun komunikasi dalam ke perawatan disebut dengan komunikasi terapeutik yang merupakan kemampuan atau keterampilan perawat untuk membantu klien beradaptasi terhadap stres, mengatasi gangguan psikologis dan belajar bagaimana berhubungan dengan orang lain (Northouse, 1998). Oleh karena itu, untuk lebih meningkatkan keterampilan dan sikap kerja perawat dalam berkomunikasi terapeutik telah disusun Pelatihan Komunikasi Terapeutik Pada Bidan dan Perawat selama 2 hari dengan ruang lingkup materi meliputi:

TUJUAN TRAINING

  • Peserta dapat menyajikan informasi kesehatan yang akurat sehingga bisa menjadi Acuan dalam pengambilan keputusan.
  • Untuk meningkatkan kualitas tenaga perekam medis dan kesehatan pada sarana pelayanan kesehatan sehingga mampu melakukan pengumpulan data secara komunitif.
  • Peserta mampu melakukan pendataan secara benar dan melakukan analisis sederhana, sehingga dapat menjadi sumber informasi dalam menghasilkan informasi kesehatan yang akurat.
  • Peserta mampu mengidentifikasi informasi yang berguna bagi manajemen dari hasil pengolahan rekam medis secara optimal.
  • Memahami aspek hukum rekam medis dan Penerapan informed consent di rumah sakit.

MATERI TRAINING

Berikut ini kami lampirkan materi yang diajarkan oleh team trainer dari Training Mitra Prima, mengenai:

  • Pengantar:
    • Peran Komunikasi Perawat Dengan Pasien.
    • Penggunaan Komunikasi Terapeutik Kepada Pasien.
  • Prinsip-prinsip Komunikasi Terapeutik.
  • Teknik Komunikasi Terapeutik.
  • Simulasi dan praktik berkomunikasi.
NB: Untuk materi training tidak mutlak terikat dengan materi di atas, Jika ada materi yang anda butuhkan, kami akan berikan materi sesuai dengan TNA / kebutuhan Perusahaan

SASARAN PESERTA TRAINING

Kepala/Instruktur perawat, Bidan, Petugas/Penyuluh kesehatan, dan Dokter.

INSTRUKTUR /TRAINER

Training Mitra Prima Indonesia Consultant & Team.

METODE TRAINING

Training di Mitra Prima menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses hasil latihan. Disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan presentasi kelompok.

DURASI TRAINING

2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

INVESTASI TRAINING

Rp. 4.000.000/peserta (belum termasuk biaya akomodasi dan penginapan).

Minimal peserta (2 – 3 peserta).

FASILITAS TRAINING

Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit, Jacket, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dan Pelatihan dilaksanakan di hotel berbintang.

JADWAL TRAINING

  • Bogor, 04-05 September 2023
  • Jogjakarta, 28-29 September 2023
  • Jakarta, 11-12 Oktober 2023
  • Bogor, 25-26 Oktober 2023
  • Bandung, 07-08 November 2023
  • Depok, 21-22 November 2023
  • Jakarta, 07-08 Desember 2023
  • Bogor, 21-22 Desember 2023
Note: Kami juga menyediakan Inhouse Training dimana pelatihan akan diselenggarakan secara eksklusif dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien. Kami sangat terbuka untuk mendiskusikan segala hal terkait penyelenggaraan pelatihan, mulai dari materi, instruktur hingga biaya pelatihan.

HUBUNGI KAMI

Marketing Office:

Phone/Fax : 021-7715137

Online Marketing:

Admin : 0858-1715-8726(WhatsApp)

Email:
info@training.mitra-prima.co.id

Website:
training.mitra-prima.co.id

Brosur Pelatihan Offline : Download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *