TRAINING ISO 26000 CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

PENDAHULUAN

Training ISO 26000 Corporate Social Responsibility oleh Training Mitra Prima Indonesia – ISO 26000 merupakan standard rujukan dari the International Organitation for Standardization (ISO) yang secara khusus berfokus  pada tanggung jawab sosial. ISO 26000 secara khusus dikembangkan sebagai standar global untuk digunakan secara internasional sebagai referensi dan benchmark bagi organisasi yang berkomitmen untuk membentuk masa depan bisnis yang bertanggung jawab. Standard ISO 26000 ini akan menjadi landasan perspektif tentang konsep dan aplikasi dari Social Responsibility (SR) berbagai isu yang perlu dikaji dalam operasionalisasi bisnis yang bertanggung jawab dan berbagai best practices dalam rangka penerapan standard Social Responsibility ini. Standard rujukan ISO 26000 bertujuan untuk  menyediakan dukungan praktis yang terkait dengan operasionalisasi perusahaan dan tanggung jawab sosial, identifikasi dan pelibatan stake holders dalam program-program komunitas, dan upaya meningkatkan kredibilitas serta citra atas laporan dan klaim dari aktivitas perusahaan yang berorientasi kepada tanggung jawab sosial.

Di Indonesia, CSR merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Hal ini sejalan dengan peraturan pemerintah yang tertuang dalam Pasal 74 Undang-Undang Perseroan Terbatas (UUPT). Ini akan mengharuskan perusahaan, institusi, dan institusi untuk menerapkan ISO 26000 dan akan mendorong semua organisasi ini untuk mempertimbangkan aspek sosial dan lingkungan selain aspek keuangan. ISO 26000 belum sepenuhnya diterapkan oleh organisasi karena persepsi ketidakmampuan CSR untuk diterjemahkan ke dalam keuntungan finansial jangka pendek dan kurangnya pengetahuan tentang cara mengelola CSR dengan benar. Oleh karena itu, agar berhasil mengimplementasikan program CSR, perlu dipahami konten dan status implementasi ISO26000.

TUJUAN TRAINING

Setelah mengikuti pelatihan di Training Mitra Prima, peserta diharapkan dapat:

  • Memahami konsep Training ISO 26000: CSR Guidance (Sistem Manajemen Corporate Social Responsibility).
  • Memahami konsep, pendekatan, subyek, metode dan teknik yang diperlukan untuk mengelola program tanggung jawab sosial secara efektif di dalam perusahaan.
  • Memahami hubungan antara komponen program tanggung jawab sosial berbasis ISO 26000 dengan pemenuhan persyaratan kebutuhan stake holders yang berbeda-beda.
  • Mendapatkan keahlian yang dibutuhkan untuk mendukung perusahaan dalam rangka untuk menerapkan, mengelola dan memelihara program tanggung jawab sosial sebagaimana rujukan dari standard ISO 26000.
  • Mendapatkan keahlian yang diperlukan untuk mengelola tim yang bertugas untuk menerapkan praktik ISO 26000.
  • Mengembangkan pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk memberikan dukungan kepada perusahaan menyangkut best practices di dalam manajemen tanggung jawab sosial sesuai dengan ISO 26000.
  • Meningkatkan kapasitas analisis dan pengambilan keputusan dalam konteks tanggung jawab sosial di dalam perusahaan sesuai dengan ISO 26000.

MATERI TRAINING

Berikut ini materi yang diajarkan team trainer Training Mitra Prima, yaitu:

  • Latar belakang pengembangan ISO 26000.
  • Alasan pembangunan program CSR bagi perusahaan dan manfaatnya.
  • CSR berdasarkan standar internasional ISO 26000.
  • Pembangunan program CSR ISO 26000 terintegrasi dengan PP 74 UU PT.
  • Pengenalan dan ruang lingkup ISO 26000.
  • Definisi, regulasi, implementasi dan pelaporan CSR.
  • Evaluasi CSR.
  • Isu-isu CSR di Asia: tata kelola perusahaan, kepatuhan terhadap hukum, penghormatan terhadap norma dan HAM, perubahan iklim, sumber daya manusia, isu lingkungan.
  • Pelaporan kegiatan CSR ke seluruh pemangku kepentingan (stake holder).
  • Kiat sukses membangun, mempromosikan dan mendorong implementasi CSR berdasarkan ISO 26000.
NB: Untuk materi training tidak mutlak terikat dengan materi di atas, Jika ada materi yang anda butuhkan, kami akan berikan materi sesuai dengan TNA / kebutuhan Perusahaan

SASARAN PESERTA TRAINING

Personel perusahaan yang terlibat dalam program CSR dan bagian lain yang terkait seperti SDM, Perencanaan Operasi dan Pemeliharaan, Akuntansi, Lingkungan dan K3.

INSTRUKTUR/TRAINER

Training Mitra Prima Indonesia Consultant & Team.

METODE TRAINING

Metode interaktif, presentasi, diskusi, dan studi kasus.

DURASI TRAINING

2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09:00 – 16:00 Wib.

INVESTASI TRAINING

Rp. 4.000.000/peserta (belum termasuk biaya akomodasi dan penginapan).

Minimal peserta (2 – 3 peserta).

FASILITAS TRAINING

Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit, Jacket, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dan Pelatihan dilaksanakan di hotel berbintang.

JADWAL TRAINING

  • Depok, 06-07 September 2023
  • Jogjakarta, 20-21 September 2023
  • Bandung, 05-06 Oktober 2023
  • Bogor, 19-20 Oktober 2023
  • Depok, 08-09 November 2023
  • Bogor, 22-23 November 2022
  • Jakarta, 07-08 Desember 2023
  • Bogor, 21-22 Desember 2023
Note: Kami juga menyediakan Inhouse Training dimana pelatihan akan diselenggarakan secara eksklusif dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien. Kami sangat terbuka untuk mendiskusikan segala hal terkait penyelenggaraan pelatihan, mulai dari materi, instruktur hingga biaya pelatihan.

HUBUNGI KAMI

Marketing Office:

Phone/Fax : 021-7715137

Online Marketing:
Admin      : 0858-1715-8726(WhatsApp)

Email:
info@training.mitra-prima.co.id

Website:
training.mitra-prima.co.id

Download Brosur Pelatihan Offline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *