ISO 9001:2015 – Sistem Manajemen Mutu

Sertifikasi ISO 9001:2015 adalah Standar yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu. Standar ini membantu bisnis dan organisasi untuk menjadi lebih efisien dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebuah versi baru dari Sertifikasi ISO 9001:2015 yang menggantikan Versi sebelumnya (ISO 9001:2008).

Perubahan yang paling mencolok untuk standar terbaru adalah memiliki struktur klausul baru. Sertifikasi ISO 9001:2015 memiliki 10 Klausul yang wajib diterapkan oleh organisasi/perusahaan yang diantaranya:

10 Klausul ISO 9001:2015 sebagai berikut:

  1. Scope (Ruang Lingkup)
  2. Normative Reference (Acuan Normatif)
  3. Term And Definitions ( Istilah dan Definisi)
  4. Context Of The Organization (Konteks Organisasi)
  5. Leadership (Kepemimpinan)
  6. Planning (Perencanaan)
  7. Support (Proses Pendukung)
  8. Operation (Operasional)
  9. Performance Evaluation (Evaluasi Performa)
  10. Improvement (Peningkatan)

Siapa Saja yang dapat menggunakan standar ini ?

ISO 9001:2015 berlaku untuk organisasi manapun, terlepas dari ukuran atau industrinya. Lebih dari satu juta organisasi dari lebih 160 negara telah menerapkan persyaratan standar ISO 9001 ke sistem manajemen mutu mereka.

Organisasi dari semua jenis dan ukuran menemukan bahwa menggunakan standar ISO 9001 membantu mereka:

  1. Mengatur Proses
  2. Meningkatkan efisiensi proses

Sertifikasi ISO 9001:2015 secara keseluruhan telah mengikuti struktur yang sama dengan standar sistem manajemen lain (di kenal sebagai Struktur Tingkat Tinggi), sehingga memudahkan siapa saja yang akan menggunakan integrasi beberapa sistem manajemen.

Singkatnya, Sertifikasi ISO 9001:2015 memastikan bahwa organisasi menawarkan produk-produk berkualitas sekaligus mendorong dan bertindak atas umpan balik pelanggan, pengguna akhir, dan badan pengatur.

Manfaat Penerapan Standarisasi ISO 9001:2015

  1. Lebih Menekankan pada Keterlibatan kepemimpinan
  2. Membantu menindak lanjuti risiko organisasi dan peluang secara terstruktur
  3. Manajemen rantai pasok yang lebih efektif
  4. Lebih mudah digunakan untuk pelayanan dan organisasi berbasis pengetahuan.

Tahapan Sertifikasi ISO 9001:2015 yang harus di lalui perusahaan

  1. Membentuk Tim Sertifikasi ISO
  2. Melakukan Self Awareness dan Pelatihan ISO 9001:2015
  3. Lakukan pemeriksaan dan identifikasi terhadap kondisi dan sistem perusahaan saat ini
  4. Tentukan ruang lingkup dan kebijakan organisasi
  5. Membuat perencanaan yang mencakup risiko peluang, sasaran, dan rencana pencapaiannya
  6. Membuat dokumentasi sesuai persyaratan dan klausul ISO 9001 (link)
  7. Implementasi sistem berdasarkan kebijakan dokumen ISO 9001 yang telah dibuat sebelumnya
  8. Lakukan Pelatihan Internal Audit ISO 9001
  9. Evaluasi kinerja sistem perusahaan termasuk internal audit. Tahapan audit dapat dilakukan oleh internal perusahaan atau dibantu pihak konsultan dalam tahapan audit konsultan
  10. Melaksanakan rapat tinjauan manajemen
  11. Mempersiapkan karyawan dan fasilitas yang memadai dalam menghadapi proses audit sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi (LS) yang berwenang
  12. Audit Sertifikasi ISO 9001 oleh lembaga yang di tunjuk perusahaan
  13. Lakukan perbaikan terhadap hasil temuan audit sesuai jangka waktu yang ditentuka oleh tim audit dan lembaga sertifikasi terkait
  14. Penerbitan Sertifikasi ISO 9001:2015

Kesimpulannya

Sertifikasi ISO 9001:2015 membuktikan bahwa suatu organisasi memiliki sistem manajemen mutu yang efektif, mengikuti standar internasional, dan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas, kepuasan pelanggan, dan kinerja secara keseluruhan. Hal ini dapat meningkatkan reputasi organisasi, meningkatkan efisiensi operasional, dan membantu memenangkan kepercayaan pelanggan.

Informasi Lainnya:

Instagram : @trainingmitraprima

Facebook : mitra prima

Website : training.mitra-prima.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *