Perbedaan QA/QC

Pengertian

Quality Assurance (QA) adalah sebuah proses untuk mengetahui dan memastikan bahwa syarat-syarat kualitas sebuah produk sesuai ketentuan perusahaan sudah dipenuhi. Proses ini meliputi perencanaan dan pengawasan proses produksi. Maka dari itu, seorang QA diperlukan di proses ini dengan tujuan supaya pekerjaan yang dilaksanakan bisa berjalan efisien dan efektif.Sedangkan Quality Control (QC) adalah proses pemeriksaan kualitas produk dalam sebuah perusahaan. Biasanya, seorang QC bertugas untuk memastikan bahwa produk yang akan diluncurkan ke pasar sudah sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

Perbedaan Quality Assurance (QA) dan Quality Control (QC) Yaitu:

  1. Fokus
  • Seperti yang sudah disebutkan di awal, QA merupakan proses pengawasan apakah persyaratan kualitas perusahaan sudah terpenuhi. Jadi QA berfokus ke proses pembuatan produk tersebut.
  • QC lebih fokus ke menemukan dan membenarkan kesalahan di hasil akhir produk tersebut.
  • Kalau disimpulkan secara singkat, QA merupakan proses yang proaktif, sedangkan QC adalah proses reaktif dari hasil akhir sebuah produk.

2. Tujuan

  • Dilansir dari Diffen, tujuan utama QA adalah untuk mengembangkan dan menguji proses, agar tidak ada kesalahan saat dan setelah produk dikembangkan. QC melakukan hal yang sama, tetapi saat produk selesai dikembangkan.
  • Sebagai contoh, sedang dibuat produk software oleh sebuah perusahaan.
  • Tim yang menjalankan QA akan menguji software tersebut untuk mencari bug, freeze, dan kesalahan yang biasa muncul saat menggunakan software.
  • Setelah produk selesai dikembangkan, tim QC akan mengecek kembali kualitas dari software tersebut sebelum dirilis ke pasaran.
  • Meskipun begitu, tujuan akhir kedua proses ini sama saja, yaitu memastikan kualitas produk dan kepuasan konsumen.
  • Dengan begitu, perusahaan bisa menjaga serta meningkatkan customer dan brand loyalty.

3. Cara Kerja

  • Cara kerja QA adalah dengan membuat system management yang berkualitas dan juga tolak ukur untuk kualitas perusahaan.
  • QC mencari sumber permasalahan dan memperbaikinya menggunakan peralatan yang ada, sehingga kualitas produk tetap terjaga.
  • Dapat disimpulkan bahwa perbedaan utama adalah quality control itu product-oriented, dan quality assurance lebih process-oriented.

Kapan QA dan QC Melaksanakan Tugasnya?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, orang yang bekerja sebagai QA Tester memiliki peran sebelum proses produksi berjalan. Bagian QA biasanya membuat perencanaan, SOP (standard operational procedure), ataupun spesifikasi dari produk perusahaan. QA bekerja untuk meminimalisir kesalahan produk dalam proses pengembangan.

Sementara itu, staf QC umumnya melaksanakan tugas sesudah proses pengembangan produk selesai. Apabila ada ketidak sesuaian pada produk yang dihasilkan, maka QC akan melaporkan permasalahan tersebut dan memperbaiki produksi tersebut.                                                                          

Keuntungan Pelaksanaan Quality Assurance (QA) dan Quality Conrol (QC).

  1. Memastikan Kualitas Produk atau Layanan: QC dan QA membantu perusahaan memastikan bahwa produk yang dihasilkan atau layanan yang disediakan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Ini penting untuk memenuhi harapan pelanggan dan membangun reputasi yang baik di pasar.
  2. Mencegah Cacat dan Ketidaksesuaian: Dengan QC yang baik, perusahaan dapat mengidentifikasi cacat atau ketidaksesuaian dalam produk atau layanan sebelum mencapai pelanggan. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan sebelum produk atau layanan dikirimkan.
  3. Mengurangi Biaya dan Pemborosan: QC dan QA membantu perusahaan mengurangi biaya yang terkait dengan cacat atau ketidaksesuaian. Dengan mengidentifikasi masalah secara dini, perusahaan dapat mencegah kerugian yang lebih besar yang mungkin timbul akibat perbaikan, pengulangan pekerjaan, atau penggantian produk yang rusak.
  4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan: Kualitas produk atau layanan yang baik berdampak langsung pada kepuasan pelanggan. Dengan QC dan QA yang efektif, perusahaan dapat memberikan produk atau layanan yang memenuhi harapan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan menghasilkan umpan balik positif.
  5. Keunggulan Kompetitif: Perusahaan yang memiliki reputasi kualitas yang baik memiliki keunggulan kompetitif. QC dan QA yang konsisten dan efektif membantu membangun reputasi tersebut, memberikan perusahaan keunggulan dalam persaingan pasar yang ketat.
  6. Kepatuhan Terhadap Standar dan Peraturan: QC dan QAmembantu perusahaan menjaga kepatuhan terhadap standar kualitas industri, peraturan pemerintah, dan persyaratan perundangan. Ini mengurangi risiko hukum, sanksi, atau tuntutan hukum yang dapat timbul akibat pelanggaran aturan.
  7. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas: Dengan QC dan QA yang baik, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses produksi atau penyediaan layanan. Hal ini dapat menghasilkan penghematan biaya, pengurangan pemborosan, dan peningkatan output yang berkualitas.

Baca Juga

TRAINING QUALITY CONTROL/ QUALITY ASSURANCE ( QC /QA )

Kesimpulannya

Kesimpulan dari pelaksanaan Quality Control (QC) dan Quality Assurance (QA) adalah pentingnya pengendalian kualitas dalam suatu organisasi atau industri. QC berfokus pada pengujian, inspeksi, dan pengawasan proses produksi untuk memastikan bahwa produk atau layanan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Sementara itu, QA melibatkan pendekatan yang sistematis untuk memastikan bahwa proses yang digunakan dalam pembuatan produk atau penyediaan layanan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

Dengan menjalankan QC dan QA dengan baik, organisasi dapat mencapai sejumlah manfaat yang signifikan. Beberapa manfaat tersebut termasuk memastikan kualitas produk yang konsisten, mengurangi cacat, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan efisiensi produksi, membangun reputasi yang baik, mencegah masalah sebelum terjadi, mengurangi biaya perbaikan, memastikan kepatuhan terhadap standar dan peraturan, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas organisasi secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *