Pengertian ISO – Suatu perusahaan manufaktur dalam memproduksi segala jenis produk pasti harus memperhatikan kualitas dan kepuasan pelanggan. Untuk itu ISO dan standar lainnya menjadi aturan dasar perusahaan dalam mengukur, mengevaluasi, serta meningkatkan sistem dalam memastikan kualitas dan keunggulan produk secara keseluruhan. Dikarenakan hal tersebut perusahaan sebagai produsen di tuntut untuk dapat memverifikasi semua produk berkualitas dan berfungsi dengan sempurna setiap waktu. Beberapa standar dari ISO yang sudah tidak asing lagi bagi kita seperti jenis film fotografi, ukuran kartu telepon, kartu ATM Bank, ukuran, ketebalan kertas dan lainnya.

Pengertian ISO

ISO Merupakan lembaga non-pemerintah yang dibentuk oleh lebih dari 16 negara di dunia, yang bertanggung jawab untuk mengembangkan standar untuk berbagai industri yang selalu mengkampanyekan kualitas, keamanan dan efisiensi.

Walaupun tidak ada paksaan untuk mengikuti standar ISO dalam bisnisnya, Namun jika kita memiliki pemasok yang terdaftar di ISO anda lebih bisa memastikan produsen anda mengelola perusahaannya dengan standar yang sudah teruji, sehingga kemungkinan bisnis anda dapat bersaing di pasar global, dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan anda karena perusahaan anda berani memberikan jaminan kualitas produk yang mereka produksi.

Jenis – Jenis ISO :

Setelah anda sudah mengerti seberapa penting penerapan ISO, selanjutnya anda harus mengetahui berbagai jenis ISO yang telah banyak digunakan oleh banyak produk di indonesia :

1. ISO 9001

Standar ini memiliki banyak benefit bagi industi manufaktur, karena ISO 9001 memberikan cara yang lebih efektif bahkan secara permanen dapat menyelesaikan masalah kualitas dan masalah terkait biaya. ISO 90001 dapat dijadikan patokan pedoman dalam melakukan operasional perusahaan dalam menjaga kualitas produk sesuai kelayakan konsumen, dengan berfokus pada kepuasan dan loyalitas pelanggan. Klik link biru untuk melihat Maanfaat Training ISO 9001 untuk Persiapan Sertifikasi, Untuk dapat info lebih rinci dan lengkap Untuk persiapan sertifikasi. Atau jika anda hanya ingin konsultasi secara personal bisa klik link Konsultasi ISO 9001. Karena dengan mengikuti pelatihan atupun konsultasi anda akan lebih mendapatkan pembekalan secara lengkap, yang tidak bisa anda dapatkan hanya dari searching di Internet dan juga menghemat waktu dan tenaga anda.

2. ISO / IEC 17025

ISO / IEC 17025 merupakan salah satu standar iso, sebagai pedoman yang digunakan oleh laboratorium yang dijadikan persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan kalibarasi, Dalam berbagai kasus pemasok dan pihak berwenang tidak akan menerima pengujian atau kalibrasi hasil dari laboratorium yang tidak terakreditasi. Untuk lebih lengkapnya klik link berikut “Pengertian ISO 17025 dan Cara mendaftarnya

3. ISO 28000

ISO 28000 berguna sebagai standar international yang digunakan sebagai pedoman persyaratan Sistem Manajemen Keamanan untuk rantai pasokan. Standar ini dapat menetapkan aspek – aspek dalam menilai ancaman keamanan dan mengelolanya saat muncul dalam rantai pasokan mereka. Dengan memiliki ISO 28000 perusahaan dapat melindungi properti dari berbagai ancaman.

4. ISO 50001

 ISO 50001 menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk mengembangkan, mengimplementasikan, dan meningkatkan Sistem Manajemen Energi.  Ini memungkinkan organisasi untuk mengikuti kerangka kerja spesifik yang membantu mereka mencapai peningkatan berkelanjutan dalam kinerja energi, efisiensi, penggunaan, dan konsumsi.

5. ISO 14001

ISO 14001 adalah standar internasional sistem manajemen lingkungan dengan tujuan meningkatkan kinerja lingkungan mereka dan meningkatkan efisiensi operasional mereka. dengan begitu dampak negatif terhadap lingkungan di daerah sekitar perusahaan dapat di cegah ataupun diminimalisir. Dampak pengaruh negatif tersebut mencakup udara, air, suara, atau tanah. Klik info lebih lengkapnya Pelatihan ISO 14001

6. ISO 22000

 ISO 22000 digunakan sebagai pedoman persyaratan dalam lingkup sistem manajemen keamanan pangan. Dengan tujuan untuk memastikan keamanan pangan. Dalam standar ini akan di urai kerangka kerja yang menyelaraskan semua bagian dari rantai pasokan makanan, dari produsen ke konsumen, dan berperan dalam membantu mengurangi bahaya pangan, pengendalian resiko, dan mencegah kontaminasi. Klik Link untuk info lebih lengkap terkait manfaat, dan tujuannya TRAINING FSSC 22000 FOOD SAFETY

7. ISO/IEC 27001

ISO/IEC 27001 digunakan sebagai pedoman menetapkan spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi. Dengan penerapannya ISO/IEC 27001 perusahaan memiliki benefit dalam mengelola keamanan informasi, dengan menangani orang serta proses teknologi yang berjalan. ISO 27001 adalah kerangka kerja yang membantu organisasi membangun, menerapkan, mengoperasikan, memantau, meninjau, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi.

8. ISO TS 16949

Standar ISO/TS 16949 adalah sebuah standar Sistem Manajemen Mutu Internasional (International Quality Management System) yang secara spesifik diterbitkan oleh industri otomotif dengan kesepakatan persetujuan bersama untuk meningkatkan mutu dan jaminan integritas terhadap penyediaan material untuk industri terkait. Para pengguna standar tersebut adalah pabrikan otomotif seperti : BMW, Chrysler, Daimler, Fiat, Ford, GM, PSA, Renault, VW. , ISO/TS 16949 menghasilkan peningkatan secara kuat pada seluruh aspek-aspek mutu, pengiriman dan efisiensi secara keseluruhan pada rantai suplai (supply chain). Klik Untuk melihat info lebih lengkap Training ISO TS 16949.

9. ISO 26000

ISO 26000 adalah pedoman serta standarisasi internasional terkait tanggung jawab sosial atau Guidance Standard on Social Responsibility. Yang berupa pedoman bagi perusahaan dalam merencanakan, melaksanakan, memonitoring, dan evaluasi program Social Responsibility maupun Corporate Social Responsibility ( CSR ).

Tujuan ISO dalam Bisnis

Dengan adanya penerapan ISO dalam Bisnis dapat perusahaan atau organisasi dapat bersaing secara global dan juga akan lebih terpercaya. Untuk mengetahui Tujuannya, berikut informasinya :

  1. Meningkatkan kredibilitas Perusahaan, brand akan lebih dipercaya jika layanan yang digunakan sudah sesuai standar.
  2. Kinerja Karyawan menjadi optimal
  3. Meningkatkan Good Will Perusahaan, dengan begitu nilai perusahaan akan menjadi lebih positif
  4. Mencegah Pemborosan, dengan begitu dapat mempermudah mengetahui masalah dan juga menemukan solusi dalam pencegahan pemborosan, baik produk maupun pelayanan yang diberikan kepada konsumen.

Manfaat Penerapannya

1. Meningkatkan kredibilitas perusahaan 

Semua kegiatan bisnis yang menerapkan ISO dapat dianggap sesuai dengan standar, dan publik juga dapat mempelajari standar tersebut.

Artinya, kepercayaan masyarakat didasarkan pada standarisasi internasional. Standar internasional seperti yang dijelaskan dalam ISO diketahui berfokus pada pemangku kepentingan bisnis.

Seperti konsumen, misalnya, mereka semakin percaya bahwa kepentingan mereka didahulukan. Mereka mengharapkan kepuasan seperti halnya uang.

2. Jaminan kualitas standar internasional 

Aplikasi ISO harus melalui proses pengujian yang disebut siklus PDCA. Siklus ini berlaku untuk semua area bisnis dengan melakukan proses identifikasi, analisis, dan eksekusi agar sesuai dengan standar kualitas internasional. Aplikasi ini memberikan hasil “perkiraan” kinerja perusahaan. Sebuah “prediksi” dapat menunjukkan kapan kinerja perusahaan akan memburuk atau kegagalan produk akan terjadi. Akibatnya, perusahaan dapat segera melakukan upaya peramalan. Metode ini menghemat anggaran perusahaan karena produk yang gagal tidak dipasarkan dan dijual.

3. Sarana branding perusahaan

Ini juga membantu merek perusahaan yang menggunakannya. Komunitas global yang mengenal ISO sangat menyadari bahwa perusahaan yang menerapkan ISO dapat dipercaya. Mempercayai perusahaan dengan standar organisasi internasional meningkatkan nilai merek di benak konsumen.

Baca juga :

Apa itu Integrasi ISO & Manfaat Menggikuti Trainingnya

Kesimpulannya

Seperti itulah peran penting penggunaan ISO dalam bisnis yang dapat menjadi wawasan bagi para pengusaha jika ingin mengembangkan bisnisnya hingga skala global. Dengan memiliki dan menerapkan standar tersebut akan membuat meningkatnya tingkat kepercayaan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *