Penerapan 5S di Tempat Kerja

Penerapan 5S adalah suatu metode manajemen yang digunakan untuk menciptakan lingkungan kerja yang terorganisir, efisien, dan aman. Konsep 5S ini berasal dari bahasa jepang dan mengacu pada lima kata kunci dalam bahasa jepang yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke yang mewakili langkah-langkah dalam penerapan metode 5S.

Berikut Penjelasan tentang setiap langkah dalam 5S:

  1. Seiri(Ringkas): Langkah Pertama adalah melakukan sortir atau pemilihan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kekacauan dan memastikan bahwa hanya barang-barang yang diperlukan yang tetap ditempat kerja.
  2. Seiton(Rapi): Menyusun barang-barang yang tersisa dengan rapih. Gunakan tanda-tanda, label, atau penyusun fisik yang jelas untuk memudahkan identifikasi dan pengambilan barang.
  3. Seiso(Resik): Membersihkan area kerja secara menyeluruh. Ini merupakan pembersihan rutin, perawatan fasilitas, dan menjaga kebersihan lingkungan kerja.
  4. Seiketsu(Rawat): Memastikan adanya standar dalam menjaga keteraturan dan kebersihan di area kerja. Sertakan pula pelatihan kepada karyawan mengenai pentingnya standard an bagaimana menjaganya.
  5. Shitsuke(Rajin): Menciptakan budaya kerja yang mendorong disiplin dan tanggung jawab pribadi. Seluruh anggota tim diharapkan untuk mengikuti dan menerapkan 5S secara konsisten, serta menjaga kebersihan dan keteraturan sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari.
Manfaat Penerapan 5S di Tempat Kerja:
  • Meningkatkan produktivitas karena pengaturan tempat kerja yang lebih efisien.
  • Meningkatkan kenyamanan karena tempat kerja selalu bersih dan menjadi luas/lapang.
  • Mengurangi bahaya di tempat kerja karena kualitas tempat kerja yang bagus/baik.
  • Menambah penghematan karena menghilangkan berbagai pemborosan di tempat kerja.
Kesimpulannya

5S merupakan konsep sederhana yang berasal dari jepang yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitketsu yang dalam bahasa indonesia sering disebut dengan 5R yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. 5S/5R merupakan metode yang bertujuan meningkatkan produktivitas, meningkatkan kenyamanan karena tempat kerja selalu bersih dan menjadi luas/lapang, mengurangi bahaya di tempat kerja karena kualitas tempat kerja yang bagus/baik dan menambah penghematan karena menghilangkan berbagai pemborosan di tempat kerja sehingga tercipta efektivitas dan efisien.

untuk pemahaman lebih anda bisa mengikuti kegiatan training 5R-5S dan audit penerapan di Training Mitra Prima. Dengan anda mengikuti pelatihan anda akan memahami bagaimana penerapan 5R di ruang kerja dan merasakan manfaatnya setelah melakukan penerapan di kantor anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *