Apa itu ISO TS 16949

iso ts 16949

ISO/TS 16949 adalah manajemen kualitas yang diakui secara global standar industri otomotif. Ini menyatukan standar dari seluruh Eropa dan AS dan menyediakan kerangka kerja untuk mencapai praktik terbaik sehubungan dengan desain dan pembuatan produk untuk rantai pasokan otomotif.

Standar ini telah dikembangkan oleh International Automotive Task Force (IATF) dan menyatukan proses umum dari seluruh sektor industri. IATF terdiri dari sembilan produsen kendaraan anggota – Ford, GM, Chrysler, BMW, VW, Daimler, Renault, PSA Peugeot Citroen dan Fiat – bersama dengan otomotif nasional organisasi perdagangan dari Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman dan Italia.

Selain itu standar ini didasarkan pada standar sistem manajemen mutu yang diakui secara internasional, ISO 9001, dan mendorong peningkatan bisnis berkelanjutan dengan menekankan pencegahan cacat dan mengurangi variasi dan pemborosan dalam rantai pasokan.

Oleh karena itu jenis Sertifikasi ini sering menjadi persyaratan untuk melakukan bisnis internasional di sektor otomotif. Namun tidak hanya membantu membuka peluang bisnis global, tetapi sekarang dianggap sebagai alat manajemen yang kuat untuk membantu organisasi dalam industri tumbuh, bersaing, dan berhasil.

Apa Manfaatnnya Untuk Bisnismu?

Industri otomotif telah lama menjadi salah satu yang paling efisien dan sektor produktif dalam ekonomi global sebagai hasilnya
dari teknik manajemen mutu.

Apakah Anda ingin beroperasi secara internasional atau berkembang secara lokal, sertifikasi untuk
standar memberikan bukti kuat bahwa sistem manajemen Anda memenuhi persyaratan yang tepat dari sektor otomotif. Standar ISO/TS 16949 sudah terbukti membantu memberikan hasil yang nyata perbaikan komersial seperti :

  • Reputasi perusahaan yang ditingkatkan – dengan menunjukkan kepatuhan dengan industri dan persyaratan hukum.
  • Peningkatan kepuasan pelanggan – melalui pengiriman produk yang secara konsisten memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Kemampuan untuk memenangkan lebih banyak bisnis – melalui akses yang lebih mudah ke global pasar dan prospek bisnis dan investasi baru.
  • Peningkatan proses operasional dan efisiensi yang lebih besar – melalui implementasi sistem manajemen tunggal dan mengurangi persyaratan audit.
  • Peningkatan manajemen risiko – melalui konsistensi yang lebih besar dan ketertelusuran produk dan layanan.

ISO TS 16949 Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

ISO/TS 16949 digunakan oleh semua jenis perusahaan otomotif dan ukuran. Namun BSI menyadari bahwa setiap organisasi akan mengambil pendekatan yang berbeda dalam hal manajemen mutu. Memperkenalkan ISO/TS 16949 tidak perlu proses yang mahal – kami akan membantu Anda membentuk rencana proyek dengan sistem yang sudah Anda miliki sudah ada dan juga dapat mengakomodasi persyaratan organisasi yang lebih kecil yang mungkin memiliki tantangan yang berbeda. Sistem manajemen standar ini dapat diintegrasikan dengan Manajemen Mutu ISO 9001, Lingkungan ISO 14001 Manajemen dan BS OHSAS 18001 Kesehatan Kerja dan Manajemen Keselamatan.

Paket ISO/TS 16949 tidaklah mahal dan dapat mencakup hanya produk dan layanan yang Anda butuhkan”

Berlaku Untuk Siapa ?

Standar ISO ini berlaku untuk organisasi mana pun terlepas dari ukuran atau geografisnya lokasi. Sementara standar menetapkan kerangka kerja praktik terbaik untuk otomotif manajemen kualitas, itu ditulis dengan cara yang memberi Anda fleksibilitas untuk menyesuaikannya dengan memenuhi tujuan bisnis individu Anda.

Pada dasarnya Standar ini mengharuskan Anda untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki pendekatan sistematis untuk manajemen mutu khusus untuk
Industri otomotif. Setelah Anda memasukkan proses dan prosedur tempat untuk mencapai ini, standar kemudian meminta Anda untuk meninjau dan
tingkatkan sistem Anda untuk memastikan praktik terbaik yang berkelanjutan dan komitmen untuk perbaikan terus-menerus.
Membeli salinan standar adalah langkah pertama Anda. Standar merinci proses yang perlu Anda lakukan untuk memenuhi persyaratan pene.

Ilustrasi Persyaratan utama standar:

Image

Metode

Semua sistem manajemen ISO standar memilki prinsip operasi yang sama yaitu Siklus Plan-Do-Check-Act (PDCA), termasuk ISO/TS 16949. Dengan mengikuti siklus ini, Anda dapat secara efektif mengelola dan terus meningkatkan efektivitas organisasi.

JIka Anda adalah direktur pelaksana pengaturan arah bisnis, atau individu berfokus pada tugas tertentu, siklus PDCA sangat berguna dalam mencapai perbaikan berkelanjutan.

  • Plan : Tetapkan tujuan dan draf rencana Anda (analisis organisasi Anda saat in sistem, membangun secara keseluruhan tujuan, tetapkan sementara target untuk ditinjau dan mengembangkan rencana untuk mencapai mereka).
  • Do : Terapkan rencana Anda dalam terstruktur kerangka kerja manajemen.
  • Check :Ukur dan pantau hasil nyata Anda bertentangan dengan rencanamu tujuan.
  • Act : Perbaiki dan tingkatkan rencana Anda untuk memenuhi dan melampaui hasil yang direncanakan.

nggarakan untuk memberi informasi kepada semua karyawan termasuk manajemen senior tentang persyaratan sistem.

Tips menetapkan Sertifikasi ISO/TS 16949

Berikut kiat – kiat dalam penetapan Sertifikasi ISO/TS 16 :

  1. Komitmen manajemen puncak sangat penting agar sistem dapat diperkenalkan dengan sukses. Pastikan manajer senior secara aktif bertanggung jawab, terlibat, menyetujui sumber daya dan menyetujui proses utama.
  2. Pastikan seluruh bisnis dan rantai pasokan Anda berkomitmen untuk peningkatan bisnis dan libatkan mereka dengan strategi komunikasi yang baik.
  3. Membentuk tim implementasi yang kompeten dan berpengetahuan luas untuk memberikan hasil terbaik, berbagi peran dan tanggung jawab.
  4. Tinjau sistem, kebijakan, prosedur, dan proses yang Anda miliki saat ini. Kemudian bandingkan dengan apa yang diminta oleh ISO/TS 16949. Dapatkan umpan balik rantai pasokan dan pemangku kepentingan tentang proses kualitas Anda saat ini.
  5. Sesuaikan prinsip dasar standar ISO/TS 16949 dengan tujuan dan lingkungan bisnis spesifik Anda
  6. Uraikan dengan jelas rencana kegiatan dan rentang waktu yang dikomunikasikan dengan baik. Pastikan semua orang memahaminya dan peran mereka dalam mencapainyan dengan mengadakan pelatihan ISO 16949.
  7. Pertimbangkan untuk menggunakan tool yang mempermudah untuk mengelola sistem Anda yang dikonfigurasi untuk membantu Anda mencapai kepatuhan berkelanjutan dengan persyaratan utama ISO/TS 16949.
  8. Mengadakan dan mengikuti Training Internal Audit ISOTS 16946 untuk staf Anda, agar dapat melaksanakan audit internal, dan dapat memberikan umpan balik yang berharga tentang audit potensial dan peluang untuk perbaikan.
  9. Dorong rantai pasokan Anda untuk mendapatkan sertifikasi ISO/TS 16949 untuk mendapatkan manfaat dari sistem ujung ke ujung yang kuat.
  10. Tinjau sistem manajemen ISO/TS 16949 Anda secara berkala untuk memastikannya tetap sesuai, efektif, dan memberikan peningkatan berkelanjutan.

References

https://www.bsigroup.com/LocalFiles/en-GB/iso-ts-16949/resources/BSI-ISO-TS-16949-Product-Guide-UK-EN.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *