Image

Memahami ISO 17025 – Kita tahu bahwa kepuasan pelanggan adalah salah satu tujuan utama bagi setiap perusahaan yang berhubungan dengan layanan atau produk. Tentunya untuk mencapai tingkat kepuasan pelanggan tersebut, setiap bisnis perlu membangun kepercayaan yang bersumber dari memperhatikan kualitas bisnisnya. Misalnya, laboratorium harus bersertifikat ISO 17025 untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan mereka.

Pengertian ISO 17025

ISO 17025 adalah standar akreditasi yang diakui secara global yang secara resmi mengakui kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi. Standar internasional ini merupakan persyaratan utama untuk akreditasi pengujian dan kalibrasi yang dilakukan oleh laboratorium.

Di Indonesia, standar ini telah diadopsi oleh sertifikasi SNI ISO/IEC 17025. Aturan penyesuaian ini didasarkan pada status akreditasi yang diperoleh dan aturan yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional atau KAN.

KAN sendiri merupakan lembaga non struktural di bawah Presiden yang bertanggung jawab atas masalah standardisasi. KAN juga terdiri dari perwakilan seluruh pemangku kepentingan, seperti instansi pemerintah, profesional, dunia usaha, akademisi dan konsumen, yang diharapkan dapat memberikan layanan akreditasi sebagai otoritas tunggal.

Di sisi lain, sertifikasi tipe ini sendiri merupakan kombinasi persyaratan teknis dan administratif yang harus dipenuhi oleh semua laboratorium yang melakukan pengujian dan kalibrasi. Laboratorium yang sudah berstandar ISO 17025 biasanya memenuhi persyaratan standar ISO 9001.

Berikut Prinsip ISO 17025

Dalam penerapannya, ISO 17025 memuat beberapa prinsip, diantaranya :

  • Menggunakan pendekatan proses yang konsisten dengan standar yang muncul seperti 9001, 17020, 17024, 15189, 17021 dan 17065.
  • Lebih menekankan pada orientasi hasil proses daripada deskripsi hasil kerja dan langkah kerja.
  • Standar yang memberikan pendekatan yang lebih kuat terhadap teknologi informasi, termasuk penggunaan sistem komputer, hasil, catatan elektronik, dan laporan elektronik.
  • Ruang lingkupya sangat luas dan mencakup semua kegiatan laboratorium seperti pengujian, kalibrasi, dan pengambilan sampel.
  • Mengharuskan laboratorium untuk berpikir dan bekerja dengan cara yang memastikan bahwa semua proses dikendalikan dan data yang dihasilkan selalu dapat diandalkan.

Manfaat Penerapanya

Berbicara tentang manfaat, tentu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari sertifikasi dan hasil implementasinya. Berikut beberapa keuntungannya :

  • Laboratorium dapat menentukan apakah personel telah mengikuti prosedur dan melakukan pekerjaan mereka dengan benar.
  • Pengenalan terhdap standar memungkinkan pengurangan risiko.
  • dapat mendorong komitmen tingkat tinggi dari semua laboratorium untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan.
  • dapat mendukung proses perbaikan berkelanjutan dari sistem manajemen laboratorium.
  • Dapat meningkatkan citra, kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Adanya standar ini dapat membawa manfaat dalam bidang pemasaran jasa lab itu sendiri.

Langkah – langkah Sertifikasinya

Terdapat 7 langkah untuk mendapatkan sertifikasi 17025. Berikut diantaranya :

  1. Komitmen perusahaan
    Menerapkan sistem manajemen mutu laboratorium modern yang sesuai dengan ISO 17025 membutuhkan komitmen kewirausahaan. Komitmen perusahaan meliputi komitmen terhadap konsistensi, komitmen terhadap integritas, komitmen terhadap keakuratan hasil dan, yang terpenting, komitmen terhadap anggaran yang diperlukan sehubungan dengan penerapan standar ISO 17025 ini. Dalam hal ini, Anda perlu merencanakan ke depan agar Anda memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang akan terjadi selama sertifikasi, terutama pengeluaran dana.
  2. Pengembangan struktur organisasi
    Selain komitmen perusahaan, laboratorium yang ingin mendapatkan sertifikasi ISO 17025 juga harus mengembangkan struktur organisasi yang jelas. Dalam hal ini, laboratorium harus mengalokasikan beberapa personel untuk mengisi posisi dan tugas sesuai dengan kapasitasnya. Misalnya, Manajer Lab, Manajer Kualitas, Manajer Teknis, Analis, Sampler, dll. Setelah struktur ditentukan, lab harus menetapkan persyaratan kemampuan untuk setiap misi organisasi.
  3. Penentuan parameter
    Langkah selanjutnya menuju sertifikasi ISO 17025 adalah menentukan parameter. Setiap laboratorium harus memutuskan parameter mana yang terakreditasi. Parameter itu sendiri adalah jenis analisis dengan metrik tertentu seperti metode yang digunakan, peralatan yang diperlukan, bahan referensi bersertifikat yang akan diproduksi, dan pengamatan lingkungan yang diperlukan. Dalam hal ini, laboratorium bebas memilih metode analisis mana yang akan digunakan, tetapi disarankan agar metode tersebut disetujui.
  4. Persiapan dokumen
    Selanjutnya adalah persiapan dokumen dan pembuatan dokumen. Hal ini meliputi dokumen Level I berupa perpaduan mutu, dokumen Level II berupa SOP, dan dokumen Level III berupa perintah dan formulir kerja. Tentu saja, pembuatan dokumen ini harus terstruktur.
  5. Persyaratan teknis
    Setelah dokumentasi selesai, langkah selanjutnya adalah memenuhi persyaratan teknis. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Yang pertama adalah pelaksanaan program kalibrasi, validasi dan validasi metode, pengendalian mutu eksternal dan internal, serta penetapan estimasi ketidakpastian.
  6. Audit internal
    Setelah persyaratan teknis terpenuhi dan SOP diterapkan, lab akan melakukan audit internal. Audit internal ini harus dilakukan oleh staf lab yang terlatih sebagai Auditor Internal SNI-ISO. Klik Link biru untuk info Jasa Audit Internal 17025
  7. Mengkaji Ulang Manajemen
    Langkah terakhir adalah melakukan tinjauan manajemen. Setelah dilakukan verifikasi termasuk tindakan perbaikan dan pencegahan, laboratorium siap untuk diakreditasi ISO 17025 dari Badan Akreditasi Nasional (KAN).

    Begitulah penjelanan secara singkat pengertian, tujuan, prinsip, manfaat, & langkah – langkah mendapatkan sertifikasi ISO 17025. Untuk Mendapatkan penjelasan lebih lengkapnya yang tidak bisa anda dapatkan hanya dari website, anda bisa mendapatkannya dengan mengikuti pelatihan ISO 17025. Dengan mengikuti pelatihan dan juga melakukan sertifkasi diharapkan Lab anda menjadi terbukti jaminan kualitas dari sisi administrasi dan teknis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *