fssc

FSSC 22000 (Sertifikasi Sistem Keamanan Pangan) adalah sistem sertifikasi yang diprakarsai oleh GFSI (Global Food Safety Initiative), berdasarkan penerapan spesifikasi teknis seperti ISO 22000 dan PAS 220, kepada komunitas bisnis atau rantai industri makanan. FSSC 22000 berlaku untuk semua produsen makanan, makanan dan kemasan makanan, terlepas dari ukuran organisasi.

Tujuan Penerapnnya

Tujuan dari sertifikasi ini adalah untuk menyelaraskan persyaratan dan metode sertifikasi sistem keamanan pangan dalam rantai pangan dan memberikan sertifikasi keamanan pangan yang setara dan kredibel dalam hal konten dan ruang lingkup yang relevan.

Standar tersebut memungkinkan produsen makanan untuk mengidentifikasi potensi bahaya yang dapat mempengaruhi keamanan pangan dan mengidentifikasi titik kontrol kritis untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi risiko.

Spesifikasi dalam penerapan FSSC 22000

  • Standar ISO 22000 
    ISO 22000:2018 merupakan standar keamanan pangan, yang dapat digunakan oleh bisnis rantai makanan global. Organisasi Internasional yang menetapkan standardisasi yaitu ISO, mereka telah memberikan standar untuk manajemen keamanan pangan, dan menetapkan persyaratan apa yang yang harus dipenuhi suatu organisasi untuk dapat mengendalikan bahaya keamanan pangan. ISO 2200 sudah mencakup organisasi di seluruh rantai makanan dari pertanian hingga sampai ke meja. Industri yang menggunakan ISO 22000 dapat memperoleh sertifikasi sesuai standar.
  • PAS 220: 2008. 
    Standar ini menentukan persyaratan program prasyarat yang harus diikuti oleh perusahaan makanan untuk menghilangkan bahaya bagi keamanan produk mereka. Model ini tidak otonom, tetapi datang sebagai tambahan untuk standar ISO 22000: 2005 yang diakui secara internasional. Standar ISO 22000, antara lain, menetapkan persyaratan eksplisit bagi suatu perusahaan untuk menarik, menerapkan, dan memelihara program prasyarat yang akan menjadi dasar untuk mengendalikan bahaya yang mengancam keamanan pangan. Standar PAS 220:2008 menentukan secara rinci siapa saja program prasyarat ini dan bagaimana ini dapat diterapkan dari perusahaan. Standar PAS 220:2008 disusun oleh British Institute of standards bekerja sama dengan empat dari industri makanan Eropa yang lebih besar: Danone, Kraft, Nestlé, Unilever dan Konfederasi Industri Makanan dan Minuman Uni Eropa (CIAA).

Baca Juga :

TRAINING FSSC 22000 FOOD SAFETY SYSTEM CERTIFICATION

Manfaatnya Implementasi FSSC 22000


Dengan menerapkan sistem manajemen mutu berstandar internasional ini, perusahaan dapat memperoleh banyak manfaat, antara lain :

  • Persetujuan GFSI (Global Food Safety Initiative), sebuah asosiasi perdagangan internasional
  •  Meningkatkan reputasi, mendapatkan pelanggan, dan mengurangi biaya, menambah laba
  • Kepatuhan dengan prinsip-prinsip HACCP
  • Meningkatkan keamanan dan kualitas produk
  • Tunjukkan produksi berkelanjutan dan produksi pangan terbaik
  • Kemampuan untuk mengurangi jumlah dan frekuensi audit yang tidak konsisten dan mahal
  • Analisis untuk menilai risiko ancaman keamanan pangan
  •  Menciptakan disiplin dalam produksi
  • Kepercayaan pelanggan, kepuasan, kepercayaan
  • Kredibilitas dan reputasi organisasi untuk kepentingan bisnis makanan, dan banyak lagi
  • Menyederhanakan studi keamanan makanan Anda dan meningkatkan dokumen dan prosedur Anda.

Proses Sertifikasi

Penerapan ISO 22000 & PAS 220 ( ISO22002-1 ) :

– Aplikasi Penerapan ISO 22000 & PAS 220 (ISO22002-1),

– Tinjauan Aplikasi ( Verifikasi )

– Audit tahap 1 – Internal

– Audit tahap 2 – Eksternal

– Keputusan Sertifikasi

– Penerbitan sertifikat

Baca Juga :

Manfaat TRAINING FSSC 22000 LEAD AUDITOR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *