Apa itu OHSAS 18001? OHSAS 18001:2007 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja) merupakan penilaian untuk sistem manajemen keselamatan dan kesehatan yang ditujukan untuk memabantu sebuah organisasi dalam mengontrol resiko kesehatan & keselamatan kerja. Unsur – unsur yang ada pada OHSAS 18001 memberikan sistem manajemem keselamatan yang efektif, yang dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen lainnya, dengan begitu dapat tercapainya kesehatan kerja, kinerja keselamatan, dan tujuan ekonomi dengan lebih baik.

Apa saja penetapan persyaratannya?

Penetapan persyaratan OHSAS 18001:2007 untuk perusahaan diantaranya, yaitu mengembangkan, menerapkan kebijakan, tujuan,dan membantu memperhitungkan persyaratan hukum dan informasi tentang resiko keselamatan dan kesehatan kerja.

standar ini dapat diberlakukan untuk semua jenis dan ukuran organisasi yang membuat kondisi geografis, budaya dan social yang beragam.

OHSAS 18001:2007 dapat disejajarkan dengan ISO 9001, ISO 14001 dan sistem manajemen lainnya. Biasanya banyak organisasi memulai dengan dengan sistem amanejemen mutu, kemudian menambah persyaratan manajemen lingkungan.

Baca juga :

MANFAAT TRAINING INTERNAL AUDIT SMK3 OHSAS 18001

Metode yang digunakan ?

Metode PDCA ( Plan-Do-Check-Act ) dengan penjabaran sebagai berikut :

  • Plan (Perencanaan) : membangun tujuan dan proses yang diperlukan suatu organisasi agar dapat memberikan hasil yang sesuai dengan Kebijakan K3.
  • Do (Pelaksanaan) : Menerapkan proses yang telah direncanakan.
  • Check (Pemeriksaan) : Memantau dan mengukur proses organisasi terhadap Kebijakan K3.
  • Act (Tindakan) : Melakukan tindakan untuk peningkatan kinerja K3 secara berkesinambungan.

Manfaat menerapkanya ?

  • Perlindungan untuk para pekerja dari segala macam bahaya yang dapat mengganggu kesehatan saat bekerja. Dengan adanya perlindungan produktivitas pekerja akan meningkat
  • Perusahaan mematuhi peraturan pemerintah, dengan begitu perusahaan tidak akan diberikan sangsi oleh pemerintah karena dianggap lalai akibat kurangnya memperhatikan keamanan pekerja.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand, setelah perusahaan telah menerapkan standar ini. Konsumen akan lebih yakin karena prosedur produksi telah bagus, dan dapat menjamin proses yang aman, tertib, dan bersih. Sehingga meningkatkan kualitas dan mengurangi kecacatan produk yangdihasilkan.
  • Semua tindakan telah terdokumentasi dengan baik, dengan begitu akan mempermudah manajemen dalam melakukan perbaikan jika ada ketidak

Namun saat ini OHSAS 18001:2007 telah digantikan oleh ISO 45001:2018 sesuaian alur kerja.

Baca juga :

TRAINING SMK3 OHSAS 18001:2007

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *