APA ITU ISO 9001 – MANAJEMEN MUTU

apa itu iso 9001

Apa itu ISO 9001. ISO 9001 adalah suatu standar atau sertifikasi yang bertaraf internasional dalam sistem manajemen mutu suatu perusahaan / atau organisasi. Tujuan penggunaan ISO 9001 ialah untuk menjamin suatu produk atau jasa perusahaan apakah sudah memenuhi badan standar dunia yaitu, ISO. Hal tersebut bertujuan agar dapat terpenuhnya kebutuhan konsumen dengan lebih spesifik, dengan begitu perusahaan menjadi lebih bertanggung jawab atas kualitas produk – produk yang diihasilkan. Jadi untuk sebuah perusahaan yang memproduksi barang atau produk tertentu, pastikanlah sudah mendapatkan sertifikasi dari ISO. Hal tersebut dapat meninggkatkan kepercayaan customer terhadap produk perusahaan anda.

DITUJUKAN UNTUK INDUSTRI APA ISO 9001 ?

ISO 9001 ditujukan untuk industri atau perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur. dengan fokus utamanya yaitu memastikan mutu maupun kualiatas produk agar tetap terjaga. Dengan begitu saat produk sudah sampai di tangan konsumen, produk tersebut masih terjamin kualitasnya. Dengan begitu konsumen menjadi puas dan terpenuhi ekspektasinya terhadap produk anda.

MANFAAT DAN PENTINGNYA ISO 9001

  • Meningkatnya kinerja dari organisasi perusahaan
  • Membuat industri menjadi lebih kompetitif disegala bidang dan meningkatkan citra perusahaan
  • Meminimalisir adanya kesalahan, pengurangan biaya
  • Membuat pondasi usaha menjadi lebih kokoh
  • Meningkatkan calon konsumen dan kepercayaan konsumen akan brand
  • Mendapat pengakuan dari badan jaminan mutu internasional
  • Meningkatkan pertumbuhan bisnis dan Citra Perusahaan
  • VIsi dari sebuah organisasi atau perusahaan akan lebih terarah apabila menerapkan sistem ini.

3 PERSYARATAN MEMEPEROLEH ISO

  1. Memenuhi pesyararan standar ISO
  2. Menyiapkan Dokumen yang dibuhkan untuk melakukan pengajuan ISO
  3. Melakukan Evaluasi terhadap Sistem Manajemen dengan internal audit untuk mengetahui apakah perusahaan anda sudah layak untuk mengajukan ISO

Baca juga :

Apa itu Training Awareness iso 9001

Langkah – Langkah Untuk mendapatkan Sertifikasi ISO

Setelah memenuhi persyaratan tersebut selanjutnya inilah langkah – langkah untuk mendapatkan sertifikasi ISO :

  1. Menentukan Komitmen untuk, dengan mengidentifikasi kebutuhan perusahaan anda
  2. Membentuk Tim tim yang solid sangat berperan penting jika ingin mengajukan ISO, minimal harus ada 2 orang tim ISO dalam setiap departemen, dan tentunya harus menerapkan sistem leadership yang menerapkan standar ISO.
  3. Melakukan pelatihan ISO, semua karyawan perusahaan harus mengikuti pelatiahn untuk memperkenalkan pada karywan tentang persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan standar ISO yang akan di pilih. Pelatian tersebut terdiri dari pengenalan dokumentasi, hingga proses internal audit. Klik untuk Info Pelatihan ISO 9001:2015
  4. Menggunakan jasa konsultasi ISO, Dengan menggunakan jasa konsultasi ISO 9001:2015 perusahaan akan lebih mudah mengetahui tentang hal teknis terkait implementasi ISO. Namun anda tidak perlu melakuakn penghapusan peran dari tim leadership untuk penerapan sistem manajemen ISO.
  5. Membuat Gap Analisis Pembuatan gap analisis ditujukan untuk menganalisa prosedur yang berlaku pada sebuah perusahaan anda. Dengan adanya Gap analisis ini anda dapat mengetahui seberapa besarnya perbedaan proses produksi dan operasional perusahaan anda setelah anda menerapakan sistem standarisasi ISO. Dengan adanaya Gap analisis ini bisa menjadi tolak ukur kesiapan perusahaan anda, dalam menerapkan standar proses produksi selanjutnya.
  6. Membuat Dokumen Siapkanlah dokumen yang lengkap dan valid terkait jenis ISO yang diajukan, siapkan lah dokumen yang sudah di arsip jauh – jauh hari. Maksud dokumen tersebut adalah dokumen asli dari proses atau alur kerja yang sudah dilakukan. Intinya tidak hanya sekedar dokumen yang diadakan hanya untuk keperluan pengajuan ISO saja.
  7. Implenetasi Sistem ISO Omplementasi sistem ISO selannutnya siap di terapkan di perushaaan. Dibutuhkan kira – kira 3 bulan untuk dapat menerapkan sistem ini. Proses ini memilki harapan bahwa seluru karyawan telah mengerti dan dapat menajalan kan sistem tersebut berkesinambungan jangka panjang dan juga efektif.
  8. Audit Internal disaat penerapan ISO sudah berjalan, selanjutnya perusahaan perlu melakukan evaluasi. Proses evaluasi bisa dilakukan dengan menyusun audit internal. Baik audit untuk agenda tahunan, maupun evaluasi bagaiman keefektifan dari sistem manejemen. Dengan melakuakn tinjauan tersebut anda dapat menemukan tindakan apa yang paling tepat. Dengan tujuan untuk memperkaiki efektifitas sistem yang telah dijalankan sebelumnya. Klik untuk lihat info TRAINING INTERNAL AUDIT ISO 9001
  9. Audit Sertifikasi ISO terdapat 2 tahap dalam melakukan audit sertifikasi ISO. Yang pertama yaitu pemerikasaan pada dokumen perusahaan dan yang kedua yaitu proses penilaian secara meyeluruh.

Kesimpulannya

Akhir kata itulah ulasan tentang ISO 9001, setelah membaca ulasan saya semoga anda lebih semakin memahami apa pentingnya penerapan standar ISO ini. Bukan lagi hanya sekedar gensi perusahaan yang meningkat setelah menerapkan ISO 9001. Dengan adanya standar ISO maka kualitas atau mutu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *