apa itu iso 14001, pejelasan lengkap

Apa itu ISO 14001 merupakan suatu standar internasional yang isi mengandung tentang Sistem Manajemen Lingkungan (SML) atau Environment Management System (EMS). ISO 14001 telah digunakan oleh hampir semua perusahaan di berbagai bidang, baik itu konstruksi, properti, manufaktur, dan lain – lain.

Naah untuk anda yang bekerja atau mempunyai usaha sudahkah anda menggunakan standard ISO 14001?, karena banyak sekali manfaat yang akan di dapat jika menggunakan ISO 140001. Oke langsung saja saya akan membasnya secara ringkas dan padat di kesempatan kali ini, Selamat membaca.

Apa itu ISO 14001

Seperti yang sudah saya jabarkan di atas bahwa iso 14001 stadar internasional mengenai Sistm manajemen Lingkungan atau EMS ( Environment Management System ), yang tentunya sudah sangat populer di dunia internasional.

Fungsi dari ISO 14001 yaitu untuk membantu suatu perusahaan atau organisasi dalam kepeduliannya terhadap damapak negatif yang akan tumbuh bagi lingkungan akibat hasil dari proses kegiatan dari perusahaan atau organisasi. Karena salah satu syarat mendirikan perusahaan atau organisi yaitu harus peduli terhadap lingkungan pula. agar setiap kegitan perusahaan tidak berdampak buruk pada lingkungan sekitar.

Oleh sebab itu, penggunaa ISO 14001 sangat tepat dalam mengantisipasi, mengidentifikasi, meminimalisir dan mengatur potensi buruk tersebut. Agar masyarakat sekitar perusahaan juga tidak ikut terkena dampak negatif dari hasil proses kegiatan perusahaan tersebut,

Baca juga :

Apa itu Training Awarness ISO 14001

Setelah tau apa itu ISO 14001, Selanjutnya Pahami Tanggung Jawab SML ISO 14001

Dalam perusahaan umumnya suatu penerapan SML ISO 14001 biasanya merupaakn tanggung jawab khusus dari departemen yang menangani isu lingkungan, divisi tersebut disebut dengan HSE. Salah satu contoh isu lingkunagn seperti mengurus hasil limbah produksi, mengelola sampah hasil produksi, mengatasi suara bising mesin – mesin produksi, pencemaran udara, dll.

Kenapa perusahaan atau organisasi harus perduli akan dampak lingkungan? Ya karena organisasi bukanlah institusi yang berdiri sendiri. Suatu perusahaan selalu menempati sebuah lingkungan yang terhubung langsung dengan banyak individu dan instansi lain.

Bagian yang menangani hal tersebut yaitu HSE atau Health , Fafety, and Environment ) dalam suatu perusahaan memiliki tugas di antaranya seperti menangani keluhan kesehatan, keselamatanm danjuga lingkungan kerja

3 Dasar Tujuan ISO Manajemen Lingkunga, yaitu :

  1. Meminimalisir dampak negatif pada lingkungan yang berpotensi timbul karena kegiatan operasional perusahaan
  2. Mematuhi dan mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku dan berbagai ketentuan tentang isu lingkungan.
  3. Memperbaiki berbagai kegiatan di dua poin di atas secara berkelanjutan.

Baca juga :

Apa itu Training Awarness ISO 14001

Rangkaian prosesnya

A. Berkomitmen dan Mengambil kebijakan

perusahaan atau organisasi harus mempunyai komitmen yang telah dalam berperan penting terhadap lingkungan. Dengan cara membuat kebijakan sebaai pembuktian terhadap kepeduliannya terhadap lingkungan. Tanggung jawab yang besar tersebut berada di tangan para menajamene tingakt atas perusahaan.

B. Melakukan proses perencanaan

Melakukan proses perencaranaan dimulai dengan mengidentifikasi dan memprediksi isu lingkungan yang akan terjadi abikbat dari kegitan operasionalnya. Dan juga memasitikan potensi negatif yang akan timbul, baik itu potensi yang kecil hingga besar.

lalu perusahaan melakukan penelitian di berbagai aspek masalah, dan menentukan skala prioritas yang inign di pecahkan, baru setelah itu bisa menetapkan tujuan dan berbai targetnya. tujuannya pun lebih bersifat umum mencakup semua hasil akhir dari sistem manajemen lingkungan yang akan dilakukan. Sementara target yang bersifat khusus dan detail adalah salah satu bagian dari tujuan umumnya. Jika masih bingun saya sarankan gunakan jasa Konsultasi ISO 14001 untuk mempercapat dan juga mempermudah prosesnya.

C. Menerapkannya atau mengimplementasikannya

Rencana yang sudah di buat harus diterapkan secara faktual dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang dibutuhkan , hal tersebut bisa dengan cara melakukan penyuluhan terhadapat setiap keryawan, dan juga didukung dengan pembuatan prosedur operasi, mendesain jalur komunikasi internal atupun eksternal, penerapan dokumentasi, dan lain sebagainya. Klik untuk info PELATIHAN INTERPRETING AND DOCUMENTING ISO 14001.

D. Mengevaluasi

Proses selanjutnya yatiu evaluasi, maksudnya yaitu meninjau rencana kembali untuk memastikan terjcapainya tujuan perusahaan atau organisasi, yang sebelumnya sudah di buat. Apabila belum tercapai, perusahaan harus melakukan perbaikan. Namun bila tercapai perudahan bisa menentukan target baru dan menentukan tujuan.

E. Mengkaji ulang

Bagian manajemenlah yang harus mengkaji ulang hasi dari evaluasi untuk mengetahui peran penting dari EMS dan tingkat keefektifan dari EMS yang terah diterapkan oleh perusahan, selain itu juga bertujuan untuk menilai kebijakan lingkunagn melalui berbagai proses yang sebelumnya sudah sesuai dengan standar nilai perusahan.

lalu tahapan yang terakhir yaitu menentukan prosedur perbaiakan secara kontinyu dalam sisteman manajemen lingkuan dan terus melakukan peningkatan secara berkelanjutan. Seluruh proses tersbut di sebut dengan rangkain siklus ( cylical ). Jadi siklus ini harus terus berkesinambungan agar terus berjalan dengan baik, sehingga terjadi perbaikan dan juga peningatan terus menerus.

F. Melakukan Pelatihan ISO

Melakukan pelatihan ISO, semua karyawan perusahaan harus mengikuti pelatiahn untuk memperkenalkan pada karywan tentang persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan standar ISO yang akan di pilih. Pelatian tersebut terdiri dari pengenalan dokumentasi, hingga proses internal audit. Klik untuk Info Pelatihan ISO 9001:2015

F. Gunakan Jasa Konsultasi professional

Jika anda merasa kesulitan melakukan semua peroses diatas sebaiknya gunakanlah jasa konsultasi ISO 9001:2015 perusahaan akan lebih mudah mengetahui tentang hal teknis terkait implementasi ISO. Klik Untuk info Konsultasi ISO 9001:2015

Manfaat Sertifikasi ISO 14001 Bagi perusahaan

Sertitifkat ISO menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut sudah memilki standar dan juga telah bertanggunga jawab terhadap lingkungan sekitar. Berikut benefit yang diperoleh :

  • Mencegah atau menimalisir pertikaian antara pekerja dan perusahaan, akan terciptanya lingkungan pekerjaan yag sehat serta nyaman. dengan begitu akan membuat efektivitas dalam pekerjaan.
  • Sebagai jembatan penghubung dengan peraturan lingkungan yang ada, jika memilki ISO 14001 maka perusahaan sudah memenuhi tanggung jawab mengikuti peraturan lingkunagna secara baik dan terencana.
  • Meningkatkan kredibilitas yang tinggi terhadap lingkungan dan juga citra perusahaan dimata masyarakat sekitar, dibandingakan sebelumnya yang selalu dicap negatif kegiatan operasional perusahan dimata masyarakat sekitar.
  • Berkurangnya limbah industri, polusi air, polusi udara, dengan begitu kegiatan produksi mapun lingkungan menjadi lebih bersih.

Baca juga :

APA ITU INTERNAL AUDIT SMK3 OHSAS 18001

Kesimpulannya

Jadi kesimpulannya, suatu perusahaan yang telah memilki ISO 14001 perusahaan tersebut telah perduli dan bertanggung jawab terhadap keadaan lingkungan, dengan begitu pihak pelanggan atau konsumen , masyarakat, maupun pemerintak akan lebih menghargai eksitensi perusahaan bisnis tersebut. Dengan begitu perusahaan akan lebih maju lagi degan citra yang lebih baik, dengan hal tersebut akan berimabas balik baik bagi perusahaan dan meningkatkan keuntungan besar bagi persuhaan dalam membangun bisnisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *